Sunday 5 June 2011

Umur (usia) hidup


Palar, Kakak- & Ayah
Umur kita (manusia) sebenarnya sudah ditentukan panjangnya oleh YME, ada yang 100 tahun ada juga yang kurang, bukaan karena sakit makanya umur makin pendek (tetapi segitulah yang ditentukanNYA). Kita tidak perlu meminta agar umur kita diperpanjang (seperti lagu "panjang umurnya"), tetapi berusaha untuk menjalani (mengisi) hidup yang sudah ditentukan tersebut selalu-lah sehat dan bermanfaat.  Bermanfaat artinya adalah dapat mempengaruhi (membuat hidup lebih baik) terhadap  manusia/mahluk hidup lainnya.
Salib Kasih, Tarutung
Umur  (usia) manusia dihitung mulai lahir sampai dengan mati, namun panjang hidup manusia bukanlah diukur seperti itu. Tetapi seberapa lama perbuatan (amal dan kebaikan) yang kita lakukan  dapat diingat dan (seberapa besar) manfaat perbuatan tersebut berpengaruh terhadap  manusia/mahluk hidup lainnya. Misalnya adalah Tuhan Yesus yang hanya berusia 33 tahun dan mengajar (sebagai guru) sekitar 3 tahun, sampai 2000 tahun, tetap hidup di dalam ingatan (& life style) kita (yang beragama Nasrani).
Mengisi hidup supaya bermanfaat tentunya sangat diperlukan usaha serta doa. Tentunya usaha dan doa (ora et labora) dilakukan dengan percaya akan janji Tuhan Yesus yang tertulis pada injil Yohanes: 7;37-38 "Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri da
n berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!. Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."
Aliran air

Gereja Katolik Batulicin
Dalam berusaha (bekerja-work) selalulah berpedoman pada  janji Tuhan yang tertulis Mazmur 23, 1-4 : “ TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang. Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku” 
Gereja GPM P. Kei Kecil
dan Wahyu 22:1. "Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta anak Domba itu"

Air Mengalir

Sedangkan doa yang baik adalah doa yang singkat, padat dan sesuai dengan sasaran permintaan, dimulai dengan pujian pada TUHAN, dilanjutkan dengan permintaan pengahapusan dosa/kesalahan, lalu permintaan/sasaran dan harapan, yang dikhiri/disempurnakan DOA BAPA KAMI.

Gereja GPM Wa Apu Pulau Buru
Dengan usaha dan doa yang telah kita lakukan, niscaya akan diberkati oleh Tuhan sesuai dengan Firman yang tertulis pada Bilangan: 6, 24-26 : “TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.”  dan  Wahyu: 1; 4 : “Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu, dari Dia, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang.”
catatan palar banjarnahor 31 mei 2011
tepat berumur 49 tahun